john

John Lennon Selamanya!

Kalau masih hidup, John Lennon kini berusia 76 tahun. Pencapaian estetika front-man The Beatles ini melewati kegelisahan yang panjang, mulai dari band bentukan pertamanya, Quarrymen, sampai karir solo yang kemudian melahirkan lagu Imagine yang direkam pada tahun 1971 di bawah naungan Apple Records. Pertemuannya dengan Paul McCartney pada penampilan kedua Quarrymen yang kemudian melahirkan The Beatles.

“He was like our own little Elvis … We all looked up to John. He was older and he was very much the leader; he was the quickest wit and the smartest.”

Saat itu, musik pop di Britania Raya didominasi oleh Elvis Presley. Kemunculan The Beatles membawa warna baru. Single pertamanya, Love Me Do, yang dirilis Oktober 1962 berhasil mencapai peringkat 17 di tangga lagu Inggris. Sejak saat itu, The Beatles melakukan pencapaian-pencapaian yang mengagumkan. Meski demikian, Lennon beberapa kali mempertimbangkan untuk mengundurkan diri dari The Beatles. Salah satunya, saat ia kecanduan narkoba pada 1967. Akan tetapi, justru saat itulah Strawberry Fields Forever terlahir, yang sampai sekarang dianggap sebagai pencapaian mengagumkan dalam musik rock.

Titik balik Lennon dimulai ketika ia dan personil The Beatles lain berkunjung ke India untuk menemui Maharishi Mahesh Yogi, melakukan meditasi transendental dan meminta petunjuk. Peristiwa ini banyak berkontribusi dalam penciptaan karya mereka, terutama beberapa lagu di White Album (1968) dan Abbey Road (1969). Selain itu, ada satu lagu yang termuat dalam Let it Be (1970) yang kemudian menjadi sangat ikonik, yakni Accros the Universe, yang dalam liriknya Lennon menambahkan mantra Jai guru deva om.

Namun, pada September 1969 Lennon berkeputusan meninggalkan Band setelah sebelumnya membintangi film How I Won The War dan The Rolling Stones Circus. Konon, saat itu aktivisme yang kemudian berbenturan dengan McCartney karena kedekatannya dengan Yoko Ono. Lennon dan Yoko melakukan protes anti-perang Vietnam dengan menghabiskan dua minggu di tempat tidur yang kemudian dikenal dengan Bed-In. Inilah yang kemudian diabadikan dalam lagu milik Oasis Don’t Look Back in Anger.

I’m gonna start a revolution from my bed /‘Cause you said the brains I had went to my head

Percintaannya dengan Yoko membuahkan berbagai karya, diantaranya The Ballad of John and Yoko, Give Peace a Chance, dll. Akan tetapi, pada 1973 mereka bercerai saat Lennon menggarap Mind Games. Delapan tahun kemudian, mereka bertemu kembali sebelum Lennon menemui ajal pada 8 Desember 1980.

Ahmad Syarifudin

Menggeluti dunia musik sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, kini menempuh kuliah di Sastra Indonesia FIB UGM. Sehari-hari berceracau di soundcloud.com/saltandpaper, @bukubercerita, dan filosofisemu.wordpress.com.