pos 2

Hanya Butuh Empat Chord Untuk Memainkan Ratusan Lagu Pop

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Meskipun begitu, perlu diakui juga bahwa semakin tua usia kita, semakin sulit kemampuan kita untuk belajar hal-hal baru. Perumpamaannya, lebih mudah mengukir di atas batu ketimbang mengukir di permukaan air.

Saat mulai belajar gitar, para pemula biasanya akan mulai dengan belajar lagu yang ia sukai. Terkadang, lagu-lagu ini membutuhkan kunci-kunci yang cukup sulit untuk dilakukan oleh pemula. Seperti kunci A atau kunci B. Posisi jari yang masih demikian kaku, biasanya menyulitkan proses pembelajaran seperti ini.

Chord C, G, Am, dan F pada gitar.
Chord C, Am, F, dan G pada ukulele

Padahal, ada banyak cara untuk memulai belajar gitar. Seperti memulai dengan empat kunci dasar yang cukup mudah dan banyak digunakan dalam lagu-lagu populer. Kunci dasar tersebut adalah kunci C, Am, F, dan G. Tidak hanya pada gitar, empat kunci dasar ini juga berlaku ketika kita ingin belajar memainkan ukulele.

Empat kunci dasar ini memang tidak demikian sulit. Meskipun begitu, dengan empat kunci dasar ini sebenarnnya kita sudah dapat memainkan banyak sekali lagu-lagu populer. Beberapa list lagu yang dapat dimainkan hanya dengan empat kunci dasar tersebut antara lain:

  1. Journey – “Don’t Stop Believing”

  2. James Blunt – “You’re Beautiful”

  3. Alphaville – “Forever Young”

  4. Jason Mraz – “I’m Yours”

  5. Train – “Hey Soul Sister”

  6. Elton John – “Can You Feel The Love Tonight” (Ost. The Lion King)

  7. John Denver – “Take Me Home, Country Roads”

  8. Maroon Five – “She Will Be Loved”

  9. The Beatles – “Let It Be”

  10. Bob Marley – “No Woman No Cry”

Dan masih banyak lagu pop lainnya. Nah, empat chord ini sudah demikian mudah. Sekarang, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mulai belajar bermain gitar kan?

Faisal Nur

Menulis untuk menjaga kewarasan // Φ