chord

Chord!: Akord dalam Genggaman

Pernahkah anda menemui akord yang sulit dimengerti? Cadd9 misalnya? Bagi beberapa orang cenderung mengabaikannya dan menganggap akord itu sebagai akord C. Akibatnya nada dan akord tidak sesuai dan kurang enak didengarkan. Padahal, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui varian-varian akord semacam itu. Salah satunya dengan menguasai teori musik.

Akan tetapi, menguasai teori musik akan memerlukan waktu yang cukup lama. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan. Mungkin hal ini yang mendasari produsen Chord! Membuat aplikasi yang memuat secara lengkap semua varian akord. Pengguna bisa mengetikkan nama akord dan mengetahui akord seperti apa yang dihasilkan dengan nama tersebut, atau bisa juga sebaliknya: memencet senar dan kolom ke-berapa saja, dan muncullah nama akord yang dihasilkan dari formasi yang telah dibuat.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di situs resminya getchord.com, atau play.google.com dan itunes.apple.com. Jika anda enggan merogoh kocek, terdapat versi gratis yang ditawarkan, tentunya dengan beberapa fitur yang dihilangkan.

Ahmad Syarifudin

Menggeluti dunia musik sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, kini menempuh kuliah di Sastra Indonesia FIB UGM. Sehari-hari berceracau di soundcloud.com/saltandpaper, @bukubercerita, dan filosofisemu.wordpress.com.