audacity

Audacity: Aplikasi Recording Gratisan

Sudah banyak aplikasi recording yang beredar di internet. Dari yang berbayar sampai yang gratisan. Tentu didukung dengan fitur-fitur yang dimiliki. Salah satu aplikasi recording gratisan adalah Audacity. Aplikasi ini bersifat open source sehingga dapat diunduh tanpa harus membayar sepeser pun.

Aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri. Salah satu keunggulannya adalah aplikasi ini dapat berjalan di beberapa sistem operasi. Diantaranya adalah Windows, Mac OS X dan GNU/Linux. Fitur lainnya adalah tersedianya aplikasi dalam bahasa Indonesia. Aplikasi ini layaknya aplikasi recording lainnya. Yaitu dapat melakukan editing, mixing dan lain sebagainya. Format audio yang dihasilkan adalah MP3, WAV, FLAC, AIFF, MP2, OGG, AMR, WMA dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengunduhnya bisa langsung akses ke situs http://audacity.sourceforge.net/ dan pilih menu download. Disana telah disedikan link unduh untuk setiap sistem operasi yang berbeda.

audacity-windowsSumber: audacity.sourceforge.net

Ahmad Syarifudin

Menggeluti dunia musik sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, kini menempuh kuliah di Sastra Indonesia FIB UGM. Sehari-hari berceracau di soundcloud.com/saltandpaper, @bukubercerita, dan filosofisemu.wordpress.com.